Beberapa smartphone Android memiliki ROM terlalu kecil kapasitasnya padahal banyak sekali aplikasi yang ada di Market yang ingin dicoba ataupun dipakai, tentu agak sedikit kurang nyaman jika smartphone Android terkena “low memory” padahal kita baru menginstall beberapa aplikasi. Sangat merepotkan jika kita harus selalu bongkar pasang setiap menginstall apikasi bukan? Salah satu salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah melakukan Root pada smartphone Android kita.

Beberapa smartphone berbasis sistem operasi Android bisa di-Root tentu dengan cara masing-masing, Kali ini kita tidak membahas cara melakukan Root pada Smartphone Android, saya yakin beberapa dari kamu tahu cara dan mungkin sudah melakukan Root di Android kamu masing-masing jadi kita lewati saja. Berikut ini saya akan memberikan kamu beberapa aplikasi yang penting harus kamu punyai setelah kamu berhasil melakukan Root pada Android kamu yang tersedia pada Android Market khususnya aplikasi yang tersedia free untuk kamu download.

DroidWall
Aplikasi ini bekerja seperti sebuah firewall di PC, tapi ini adalah firewall khusus untuk smartphone Android. DroidWall mempunyai fitur utama yaitu dapat memblokir akses internet ke semua aplikasi, ya memang beberapa aplikasi (khususnya yang mempunyai ads) secara diam-diam menyeruput bandwith kamu. Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang menggunakan internet yang memiliki limitasi data pemakaian. DroidWall bisa menjadi bantuan besar dalam menjaga keamanan phone anda dengan bertindak sebagai firewal yang kuat. DroidWall dapat memblokir akses internet dari setiap aplikasi yang anda install (yang didownload dari WiFi atau jaringan internet 3G).  DroidWall juga dapat melakukan setting untuk mengurangi bandwith ketika anda berada di luar jangkauan WiFi dan akan kembali normal setelah kembali ke dalam hot spot WiFi lagi. Namun, phone anda harus dalam mode root agar dapat menjalankan aplikasi ini.

Droidwa