Sistem pelapisan sosial dapat disebut juga stratifikasi sosial, Kata stratifikasi berasal dari kata stratum, jamaknya strata yang berarti lapisan atau bisa di artikan juga dapat disimpulkan bahwa pelapisan sosial adalah pembedaan antar warga dalam masyarakat ke dalam kelas-kelas sosial secara bertingkat.Wujudnya adalah ada lapisan-lapisan di dalam masyarakat diantaranya ada kelas sosial tinggi, sedang dan rendah.

Masyarakat terbentuk deri individu – individu, dan dari indidividu – individu yang memiliki perbedaan latar belakang yang akan membuat kelompok – kelompok sosial yang akan menimbulkan terbentuknya pelapisan sosial. Di indonesia pelapisan sosial di sadari atau tidak oleh kita banyak terjadi karna di indonesia kesenjanggan ekonomi sangat mencolok, tetapi semua itu pasti ada dampak positif dan negatif.

Dampak Positif

Hal positif yang mungkin terjadi adalah mereka yang ada di kelas sosial bawah akan berusaha untuk naik setidaknya ke kelas sosial sedang dan mungkin juga ingin langsung ke kelas sosial tinggi. Meraka akan berusaha misalnya memperbaiki ekonomi, pendidikan, gaya hidup, dll.  Menurut saya saling berlomba lomba dalam mendapatkan kenikmatan hidup adalah suatu hal yang baik yang dapat memacu individu agar lebih baik lagi.

Dampak Negatif

hal negatif yang munkin terjadi adalah apabila para individu yang menempati kelas sosial rendah merasa para individu yang menempati kelas sosial tinggi tidak memikirkan kepentingan mereka dan hanya memikirkan kepentingan kelas sosial tinggi saja, kita ambil contoh banyaknya demonstrasi yang terjadi seperti buruh minta naik gaji, gajinya belum di bayar, atau pun para pejabat – pejabat yang korupsi, menurut saya alasannya sangat jelas karna individu di kelas sosial tinggi yang hanya memikirkan kepentingan mereka saja.