Masalah pendidikan di indonesia selalu menjadi sorotan utama di berbagai media massa, karna era globalisasi ini SDM di indonesia dipaksa harus bersaing  dalam berbagaihal tetapi rendahnya kualitas pendidikan di indonesia membuat SDM indonesia sulit bersaing.

Menurut saya tidak merataanya dan tidak berkualitasnya pendidikan di indonesia salahsatunya di sebabkan oleh mahalnya biaya sekolah.

Tingginya biaya sekolah membuat banyak dari anak -anak di indonesia putus sekolah atau tidak dapat mencicipi nikmatnya mendapatkan ilmu di sekolah, bukan malas yang menghalangi mereka melaikan orangtaua yang tidak sanggup menyekolahkan mereka karna biaya yang tinggi. Padahal pada UUD 1945 menjelaskan bahwa rakyat indonesia memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan.

Untuk mengatasi itu semua pemerintah mengadakan sekolah gratis dan sekolahpun mendapakakan dana BOS. tetapi tetap saja ini tidak menjadi win win solution karna kebijakan tersebut mempengaruhi kesejahteraan pengajar tapi di satu sisi para pelajar dapat bernafas lega dengan adanya bantuan tersebut mereka tidak usah takut putus sekolah. Seharusnya pemerintah juga memikirkan kesejahteraan para penggajar karna pengajar adalah memiliki andil yang besar sekali di dunia pendidikan. Tanpa adanya maka proses belajar pun tidak acak berjalankan?

maka menurut saya  apabila menurut saya apabila pemerintah ingin pemerataan dan kualitas pendidikan di indonesia meningkat , maka pemerintah harus juga dapat mensejahterakan para penggajar sehingga tidak terjadi ketimpangan dan itu akan membuat semangat para pengajar untuk mengajar para murid – muridnya.