Menurut saya di lingkungan saya masalah banjir masih menjadi sorotan utama. Karna, masalah ini terus berlangsung dari tahun ketahun tanpa adanya perhatian dan kesadaran. Banjir adalah masalah yang besar menurut saya, karna selain dari masalah ini banyak hal negatif yang dapat di timbulkan contohnya apabila banjir banyak penyakit yang di timbulkan dan mungkin kerugian financial, dll.

Kurangnya kesadaran para masyarakat sekitar adalah masalah utama timbulnya banjir, karna secara tidak langsung yang bertanggung jawab atas timbulnya banjir. Contohnya:

1. Masyarakat sekita tidak perduli dengan got atau gorong yang kotor, padahal ini termasuk sebuah masalah yang dapat memicu timbulnya banjir.

2. lebar atau kedalam got yang tidak sama, mungkin ini suatu hal yang sepele tapi coba kita lihat pada kenyataannya ini juga sebagai masalah utama.

3. semakin banyaknya pembangunan tanpa memikirkan resapan dan saluran, ini juga termasuk masalah yang dapat menimbulkan banjir. Karna semakin sedikitnya resapan maka pada saat debit air sedang besar maka air akan menuju ke kali sedangkan kali tersebut sudah tidak cukup untuk menampung debit air tersebut.

ini adalah contoh sebagian kecil dari masalah – masalah yang di timbulkan oleh banjir. Sebenarnya masih banyak masalah – masalah yang di sadari atau tidak itu mungkin adalah penyebab dari banjir tersebut.

Setiap masalah yang timbul itu pasti ada jalan keluarnya dan menurut saya carapenanggulangan banjir yang utama adalah kesadaran dari masing individu masyarakat untuk menjaga setidaknya di daerah depan rumahnya. Apabila semua mempunyai kesadaran seperti ini saja bukan hal yang tidak mungkin kalau tidak akan terjadi banjir lagi di daerah tersebut.