Orang tua memiliki banyak pengaruh untuk perkembangan sang anak . karna makin dia tumbuh besar dia harus ikut bersosialisasi dengan masyarakat lingkungannya. Dan disini lah peran para keluarga atau yang paling bertanggung jawab adalah orangtuanya harus di fungsikan secara baik.

Tugas orang tua adalah memantau anaknya agar tidak terjerumus ke hal yang negatif. karna, di lingkungan yang baik maka si anak akan menjadi pula tetapi di jika dia bersama di lingkungan yang buruk maka akan buruk pula si anak. Apalagi di jaman yang semakin tidak karuan seperti sekarang narkoba, pergaulan bebas tawuran, dll.

Orangtua pun tidak boleh lalai dalam menunjukkan sikap yang baik agar dapt di contoh anaknya. Banyak dari sikap orangtua yang kadang – kadang malah membuat si anak memiliki kepribadian buru.

contoh:

Menakut – nakuti anak

ini akan membuat membuat si anak menjadi pribadi yang penakut, ini akan merugikan si anak pada saat dia dewasa. karna ketakutannya maka si anak akan sulit untuk bersosialisasi dengan masyarakatnya atau untuk mencoba hal – hal yang baru, yang paling fatal ketika si anak menggalami kegagalan dia akan sulit untuk bangkit kembali karna si anak takut akan gagal kembali

Memanjakan anak

Memanjakan anak bukanlah tidak boleh tapi terlalu memanjakan anak akan menjadikan dia malas dan mungkin juga menjadi seorang yang angkuh. Ini di sebabkan oleh si anak merasa bergantung kepada orang tuanya dan dia merasa bahwa orang tuanya akan memenuhi semua kebutuhannya tanpa harus susah payah.

masih banyak lagi contoh lain kelalaian orang tua dalam mendidik anaknya, dari contoh – contoh tersebut kita dapat melihat bahwa betapa besarnya peran orang tua dalam perkembangan anaknya.